Widgets

0 MAUWA KOGAA



  MAUWA

Mauwa Merupan Nama Kampung Yang Terletak Wilayah Pegunungan Provinsi Papua Yang mengelimuti Beberapa Marga Yakni :Tebay, Dogomo, Kogaa, Auwe Dan Goo . Mauwa Ini Tidak Jauh Dari Kota Dogiyai Papua Hanya Kurang Lebih 2 Km, Maka Masyarakat Mauwa Hanya Ke Kota Maupun Dari Kota Ke Mauwa Kebanyakan Mengenderai Jalan kaki ( On Foot ) maka saya tidak herang dengan mereka yang pikul sesuatu jalan laki-kaki karena saya berasal dari mauwa papua .

Mauwa tanahnya subur maka banyak buah-buahan dan tanaman lain untuk kebutuhan hidup bagi warga masyarakat mauwa serta biaya anak –anak sekolah maupun kuliah dalam kabupaten dogiyai, kabupaten nabire, timika, jayapura dan manakwari maupun luar papua demi untuk menuntut ilmu masa depan pada khusus mauwa dan umumnya dogiyai papua .

Mauwa merupakan salah kampung dalam kabupaten dogiyai papua mauwa ini terbagi menjadi dua Desa  Luas Yakni : Desa  Mauwa Dan Desa Dikiyouwa, desa mauwa ini bagia bawah  dan desa dikiyouwa ini bagian atas . Desa dikiyouwa pemekaran tahun 2002 dari desa mauwa hingga saat ini maka bagaimana membangun masyarakat yang adil dan   sejahtera.

Desa mauwa ini sebelum kabupaten dogiyai sangat bersih dari pada setelah kabupaten dogiyai yang telah pemekaran tahun 2008, sebelum kabupaten mauwa ini banyak hal yang meningkat seperti gotong royong, menjaga lingkungan dan kebersihan dalam jalan maupun rumah tangga . 

Desa mauwa merupakan desa yang popular  dimana terhurum di kabupaten dogiyai, maka bagaimana cara mengadopsikan kembali nama mauwa tahun 2002 kebawahan demi untuk generasi penerus maka bagaimana cara menjaga, melestarikan, membangun mauwa yang bersih, lingkungan yang hijau itu indah permai dalam keluarga maupun masyarakat mauwa .

By: MARKUS KOGAA

0 komentar:

Posting Komentar

:))
:)]
;))
;;)
:D
;)
:p
:((
:)
:(
:X
=((
:-o
:-/
:-*
:|
8-}
:-t
b-(
:-L
x(
=))
:haha:
:@@