Widgets

0 KOTEKA PAPUA



KOTEKA
Koteka adalah Pakaian untuk menutupi kemaluan laki-laki dalam budaya sebagian besar penduduk pribumi tanah  Pulau Papua. Koteka ini masih dimanfaatkan daerah pengunungan papua tengah terumata ada beberapa suku yakni : Suku mee Suku moni Suku wamena .

Saya bangga bahwa koteka sebagai pakaian adat tradisional di tanah papua specialnya pegunungan tengah terutama yang tiga suku diatas, maka moment ini pada kegiatan tertentu masih menggunakan sebagai salah satu lowongan untuk mengingatkan atau mompromosikan kepada negara lain apresiasi kotekaKU yakni : pada moment presmian gereja , seni budaya, vestival, acara adat seperti: Ema .

Koteka terbuat dari kulit labu lonjong atau panjang, jika bahasa daerah mee adalah BOBE pertama dibakar dan di keluarkan dalam labu yang isinya sehingga kosong setelah selesainya, maka di jemur baik dli mata hari maupun dalam rumah tunggu sengga minimal dua mingggu atau lebih tergangung dari pada kondisi wilayah atau daerah , jika daerahnya tropis menggu kering lama dan daerah yang cuacana panas kurang dari satu minggu untuk jemurnya .


Segala pakaian yang terbuat dari kain atau sarung itu sangat mudah kena noda dan mudah rabek maka koteka tidak perlu gangti- gangti kondisi apapun kecuali picah, dan menggunakan koteka segala keingin daging kurang, ada cerita sedikit pengalama dari TIMIKAPAPUA, saya pernah menggunakan pakaian adat koteka jalan kaki sendiri dari Gorong- gorong lewat pasar umum Ke timika tanggal 7 november 2010 sekitar jam 2:30 kejauhanya sekitar 2 km, maka saya bangga bahwa pakaian adat koteka rasa menjatuhkan atau keingin daging jauh dari saya berbagai perempuan yang ketemu tapi keinginan daging tidak ada, Era globalisasi tetapi koteka adalah pakaianKU.     

Koteka sebagai pakaian adat suku Mee tetapi momet ini saya memandang kiri dan kanan malu menggunakan koteka, bukan saya paksa tetapi realitas yang berlansung, bagaimanapun sauda membuang 100 bahasa tetapi MARKUS KOGAA adalah keluar dari mama dan bapakKU adalah koteka dan mogee .

MOGEE

Mogee merupakan menutupi kemaluan perempua budaya sebagian besar penduduk pribumi tanah  Pulau Papua. Mogee ini sangat penting bagi kaum mama papua untuk pengganti pakaian saya sangat bangga karena mama papua specianya pegunungan paua tengah di kabupaten DOGIYAI, deiya, dan paniai.
Bahan untuk membuat mogee ini bagaimana memelihara dan mengreboisasi sehingga mempromosi kepada wilayah atau Negara luar hasil karya mama papua. Bahan bahan yang kita di pelihara untuk membuat mogee dan pakaian adat pegunungan papua tengah yakni :
  1.    Epiyo,
  2.    widu,
  3.   Timu,
  4.  Manipia,
  5.    Tokeipo,
  6.   Daniyo  .   
  7.  Oko/ Puma,
  8.  Wogee
  9.   Pipih
  10.   Eimo
  11.  Gai bebi,


Koteka dan mogee adalah pakaian tradisi di tanah papua  pegunungan Papua Tengah .

BY: Markus koga

 

0 komentar:

Posting Komentar

:))
:)]
;))
;;)
:D
;)
:p
:((
:)
:(
:X
=((
:-o
:-/
:-*
:|
8-}
:-t
b-(
:-L
x(
=))
:haha:
:@@